THE WITHOUT NAPZA

For The Best Young Generation

PRAKATA


Fakta sangat sedikit dari rakyat Indonesia yang tahu dengan benar tentang narkoba. Ketika bapak presiden mengajak seluruh rakyatnya untuk memerangi dan memberantas narkoba, terjadilah pertempuran tanpa kita ketahui musuhnya. Dengan seperti itu, bagaimana mungkin pertempuran dapat kita menangkan?

Penjual narkoba yang lebih dikenal dengan bandar narkoba adalah orang yang jahat dan cerdik. Mereka memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat. Mereka tidak menawarkan narkoba sebagai narkoba, melainkan sebagai pil sehat, pil pintar, food supplement, dan lain-lain. Akibatnya, oarang yang menyatakan antinarkoba itu tertipu, kemudian tanpa sadar mengknsumsi narkoba.

Berdasarkan analisa di atas dan keprihatinan terhadap merebaknya narkoba di kalangan generasi muda, maka lahirlah sebuah blog sederhana ini http://withoutnapza.blogspot.com/ semoga dapat membantu masyarakat dalam mengetahui bahaya narkoba dan mensukseskan program pemerintah dalam memberantas narkoba.

8/23/2010

Untuk Kawan

Diposkan oleh Yoga Adi Candra

Assalamualaikum wr, wb

To All of my friends
To All of my best friends
To All of Little Candle in My life
And to All best youth! The next generation leader who can make the better world to live in peace and love


Holaaaaa!
Maaf lama g ngasi kabar, bukannya g mau ngasi kabar, tapi memang Yoga bener2 g bisa ngasi kabar untuk belakangan ini! Dan sekarang Yoga akan berbagi dengan temendku lagi merasa sedih dan mersa kalau jalan hidupnya begitu sempit, buat temend2 yang merasa kalau lilin yang digenggamnya mulai redup dan habis, dan buat temed2 yang melihat tembok nan tinggi menghadang di hadapannya!

Buat temend2 yang meresa harapan sudah tidak berguna dan merasa bahwa dirinya tak mampu lagi untuk berjalan maju kedepan! Sampai kira2 4 hari yang lalu barapun mersakan yang sama, meraskan rasa yang sama, bahkan mungkin lebih parah dari yang bias kutuliskan, hidup di Kab. Kendal, dimana semuanya nya berbeda, dimana kita tak bertemu temand yang sama, dimana kita tak hidup dengan kluarga yang sama, dimana kita tak mendapat kebebasan yang sama!Dimana kadang aku merasa tak biasa, saat datang ke sekolah yang berbeda, berda di kls yang tak sma, dan makan siang bersama temand yang berbeda, dimana makan malam bersma kluarga yang berbeda, dan dibelai oleh tangan yang kadar cintanya jauh berbeda, dimata tak kurasakan tawa yang sama, dimana tak kuraskan kebersamaan yang dulu ada, saat kita dulu melangkah bersama, di bumi yang sama dan di atap yang sama, tak kurasakan juga kehangatan cinta yang dulu selalu mengiringi hari hariku, lembutnya belaian doa yang dulu selalu melumuri tubuhku saat aku sakit dan tak ada lagi tangan yang kucium dengan hormat sebelum berangkat sekolah dan ketika ku pulang kerumah. Kadang itu semua membuatku sakit, kadang itu semua membuat aku mati rasa, tak lagi dapat merasakan, tak dapat merasakan apa yang ku sentuh, tak dapat memperhatikan apa yang kulihat, dan tak dapat mencerna apa yang aku dengar, Tapi Temand Kita harus yakin bahwa Allah adalah sebaik-baiknya prencana, Allah itu adil, Allah itu bijaksana, bagi yang merasakan bahwa hidup ini semakin sulit untuk ditempuh, Berdoalah maka kau akan mendapatkan sesuatu yang berbeda, kau akan dapatkan hidup yang lebih baik, kau akan dapatkan ketenangan, saat semua kau gantungkan pada yang Maha Kuasa, saat semua kau percayakan pada Yang maha Kuat Lagi maha mendengar Doa, maka yakinlah semua akan menjadi makin mudah, karena itulah yang terjadi dalam hidupku, saat hidupku terasa berat untuk dijalani, maka doa memberiku kekutaan untuk kembali berdiri,

Dan buat tmend2 yang sekarang lagi berduka, yang sekarang sedang menundukkan muka, yang sekarang sedang merenungi hidup yang memang tak sempurna, dan yang sedang bergulat dengan keputus asaan! Ku katakan padamu, berdirilah! Angkatlah wajahmu, dan jgan lagi menghadap kebelakang, jgan pernah takut untuk menghadapi masa depan, kadang hidup ini memang sulit, tapi seperti seorang yang belajar untuk menaiki sepeda, kadang kau akan jatuh, tapi itu bukan berarti kau berhenti belajar dan menyerah, yang harus kau lakukan dalah berdiri dan kayuh kembali sepedamu, tak peduli berapa kalipun kau jatuh, selama kau masih punya kemauan untuk mencoba dan berdiri maka kau belum benar2 kalah! Kadang memang sepeda yang kau kayuh akan bergoyang, tapi jangan berhenti, karena itulah hidup, kau harus terus mengkayuhnya kedepan untuk membuatnya seimbang!

Jalan untuk sukses itu memang berat, tp itu bukan berarti kita harus kembali kebelakang, tetaplah berlari di jalur kesuksesanmu, dan apabila kau dapati tembok menghalangi di depanmu, jgn pernah berhenti, panjat dan lompati tembok itu, karena di depan sana bnyk org yang menanti, banyak org yang menunggumu, di garis finish kesuksesanmu, mereka menunggumu dengan harapan, senyuman, dan tangan yang terbuka untuk menopangmu, saat kau sampai pada garis itu, ingatlah bahwa Allah ada disampingmu, kluargamu, temand2 temand mu ada pula disampingmu, mereka yang selalu mendukungmu dr luar arena, kau tak berlari sendiri, kau berlari bersama mereka! Majulah seperti kesatria, karena seorg kesatria tak akan pernah mundur dari medan perang apabila ia telah menghunuskan pedang dan memakai baju zirahnya, seorg kesatria kan terus bertarung dimedan pertempuran sampai Allah memberikan ia kemenangan atau ia mati dengan terhormat disana!

Jangan pernah mundur, tak peduli seberapa berat hidupmu, tak peduli seberapa bodoh kau terlihat berjuang dengan beban-beban hidupmu, kau harus tetap berjuang untuk orang yang kau cintai, karena sekarang kau berjuang bukan hanya untuk dirimu, kau berjuang untuk impianmu, kau berjuang untuk temand temandmu, dan untuk keluargamu, dan untuk bangsa dan agamamu, saat ini di pundakmu ada beban dari pulhan, bahkan ratusan dan ribuan harapan dr org2 disekitarmu, dan itu membuat kita tak bias menyerah begitu saja sekarang, karena di sana pasti banyak orang yang menunggu hari dimana kita maraih kesuksessan, dan aku yakin kau pun ingin melihat kembali senyuman semua org!

Lihat saja keadaanku sekarang, Prajuritku, kudaku, Bentengku, mentriku bahkan Ratuku telah diambil dariku, sekarang memang saat yang sulit bagiku, tapi berpikir tentang masa depan membuatku terhibur, dan tentang masa sulit ini, disana masih ada harapan, karena melihat kesempataanku, aku belum benar-benar dalam posisi skakmat! Mungkin hari didepan akan jadi makin sulit, tapi keluargaku terkenal dengan ketahanan dan kegigihannya, kalau aku menyerah sekarang, mereka pasti akan mengomeliku habis-habisan. Dan tiap kali aku berpikir bahwa aku bisa membuat dunia menjadi lebih baik, membuat api ambisi dalam diriku menggelora dan bercahaya lebih dari sebelumnya, walau aku tak kan tau sampai kapan api ini akan bersinar, aku Cuma berharap ini akan bersinar selamanya. karena situasi yang sulit dalam hidup ini bukan berarti aku harus melarikan diri dan bersembunyi, Aku adalah pemuda yang bias membuat mimpi jadi nyata, dan aku tak bisa hanya membuang mimpi itu, Tidak melakukan sesuatu dan hanya diam adalah pilihan paling pengecut yang pernah ada!

Karena ibuku pernah berkata,” kalau Allah memberikanmu kenikmatan, dan keberuntungan maka bersyukurlah dan pujilah Ia, tapi apabila Allah memberimu sebuah kesulitan dan rintangan untuk mengujimu, bersabarlah dan teruslah bersoa pada nya, dan mintalah kekuatan dan kebijaksanaan untuk melewati ujian itu, bersabarlah, karena Allah selalu punya rencana yang baik buatmu, seperti Hujan, apabila kau bersabar sampai hujan ini reda, maka kau akan melihat mentari kembali bersinar menyinari harimu, dan Allah akan memberimu pelangi yang indah untuk dinikmati!

Kau adalah lilin lilin kecil kehidupan ini, kau dalah calon pemimpin dunia ini! Dan lihatlah dunia ini, masih bnyak yang harus kita lakukan, Perang, kematian org2 tak bersalah, korupsi,dan krisis pangan dan moral tak satupun dari itu yang kita harapankan untuk masa depan dunia yang damai! Dan menurutmu hidup macam apa yang menanti kita di depan sana? Aku tau jalan untuk menciptakan dunia yang damai ini masih amat sangat panjang, mimpi untuk menjadikan dunia ini lebih baik untuk kita tingggali bersama keluarga kita dan generasi anak-anak kita nanti, mimpiku untuk melindungi sebanyak mungkin yang aku bias wlw hanya sedikit, aku ingin melindungi generasi-genersi setalah kita, dan berharap generasi setelah kita akan kembali melindungi generasi setelahnya, manusia memang lemah, tapi kita paling tidak harus bias melakukan itu, beberapa org mungkin akan bilang aku idealist, tapi seseorang yang tak berani bermimpi adalh org yang tak akan merubah apapun, karena mimpi adalah awal dari sebuah perubahan, dan apabila org sudah berhenti bermimpi dan berhenti membicarakan mimpi mereka, maka mereka sudah berhenti menjadi manusia! Mimpi adalah sesuatu yang membuatkan aku merasa dsini masih ada sedikit harapan untuk membuat dunia yang lebih baik! Karena Perubahan ada ditangan kita! Para pemimpin masa depan!

“Aku tidak memintamu untuk Cuma percaya pada kemampuanku untuk membawa perubahan yang nyata, tapi aku memintamu untuk percaya pada kemampuanmu untuk mengubah dunia –Barrack Obama-

I miss U All
READ MORE - Untuk Kawan

6/17/2010

Gimana ya mencegah NAPZA

Diposkan oleh Yoga Adi Candra

Cara Penanggulangan Narkoba - Ada berbagai cara untuk penanggulangan narkoba mengingat sudah menjamurnya pengaruh Narkoba diberbagai kalangan maka Penanggulangan Narkoba sangatlah penting, guna untuk menjaga generasi penerus bangsa. Cara terbaik untuk mencegah kecanduan terhadap Narkoba adalah dengan tidak mengkonsumsi kembali obat-obat terlarang, nah perlunya pihak dokter, layanan masyarakat, keluarga memberikan penjelasan secara detail efek dari obat terlarang dalam dosis berlebih terhadap tubuh kita. Nah apabila Anda perlu mengambil lebih banyak dosis diluar yang telah dianjurkan karena penyakit kambuh kembali, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda.

Orang tua dapat mengambil langkah-langkah berikut dalam membantu Penanggulangan Narkoba khusus bagi anaknya :
  1. Komunikasi, sering berbicara antar orang tua dan anak, dengan memberikan informasi tentang resiko penggunaan dan penyalahgunaan Narkoba atau obat-obat terlarang.
  2. Dengarkan, Jadilah pendengar yang baik bagi orang tua bila anak-anak sedang berbicara mengenai tekanan antar sebaya mereka, maka anak akan mendukung dalam penolakan terhadap Narkoba.
  3. Jadilah Contoh Yang baik, mencontohkan pengaruh buruk terhadap anak, khususnya ketergantungan kepada obat terlarang, akan berdampak sangat buruk bagi perkembangan hidupnya, dan efeknya akan lebih cepat untuk kecanduan Narkoba.
  4. Jagalah keharmonisan keluarga, memperkuat hubungan dalam keluarga itu sangat diperlukan, karena bila anak dikucilkan dalam keluarga, maka dia akan merasa asing, sendirian dan biasanya obat terlaranglah sebagai penghilang rasa sakit yang diderita oleh si anak.

Tujuan dari program terapi kecanduan obat pada umumnya adalah agar si pasien berhenti menggunakan obat-obat terlarang secepat dan se aman mungkin, cara penanggulangan Detoxification secara bertahap akan mengurangi dosis obat atau zat kimia seperti methadone yang memiliki efek samping yang tidak terlalu parah bagi tubuh. Untuk beberapa orang, mungkin lebih aman bila menjalani proses program Rehabilitasi rawat jalan.
Beberapa bentuk penanggulanan Narkoba tambahan setelah Detoxification :
  1. Konseling , pasien atau keluarga melakukan konsultasi kepada psikolog, atau psikiater, nah kegiatan ini dapat membantu si pasien terhindar dari kecanduan obat-obatan, kebiasaan atau prilaku terapi yang dijalankan akan membantu si pasien apabila terjadi kambuh atau penarikan kembali terhadap obat-obatan.
  2. Program Perawatan, program perawatan ini termasuk pendidikan umum dan sesi terapi yang difokuskan pada pembentukan ketenangan dan pencegahan kecanduan kembali.
  3. Self help groups meeting, seperti pertemuan kelompok khusus untuk ketergantungan obat Narkoba tingkat satu. Dengan sharing secara personal permasalahan yang terjadi dapat meningkatkan harga diri dari si pasien, sehingga dapat mencegah dari kecanduan Narkoba.
Peer Education atau Pendidikan di kalangan anak muda, telah menjadi populer di berbagai Negara sebagai metode pendidikan dan pencegahan narkoba bagi anak muda. Program ini beroperasi pada prinsip bahwa anak muda yang lebih mungkin untuk bisa menyebarkan informasi serta pendekatan lainnya dikalangan kaum muda lainnya. Pendidik dalam program ini, melatih khusus agar informasi positif bisa menyebar secara luas di lingkungan anak-anak muda.

Manfaat dari program ini secara luas berdampak positif dalam hal pengetahuan, keterampilan, pengembangan diri, sikap dan keyakinan. mudah mudahan dapat membantu. 
 
Article From: (anneahira.com)
READ MORE - Gimana ya mencegah NAPZA

6/16/2010

Apa itu Obat?

Diposkan oleh Yoga Adi Candra





Writer by: Yoga Adi candra

Tau gak kawan, di kalangan pengguna narkoba istilah OBAT atau BOAT sangat popular.
Kawan-kawan semua pastinya juga pernah minum obat ketika kalian sedang sakit. Ya emang benar sekali, kata obat diperuntukkan bagi obat-obatan medis yang tergolong psikotropika atau neuroleptika yang banyak digunakan oleh dokter untuk mengobati penyakit jiwa dan syaraf. Obat untuk mengobati gangguan syaraf disebut neuroleptika.
Jadi tau kan kawan banyak istilah dokter yang ada di blog ini. Makanya sering berkunjunglah ke sini. Ayo baca lagi kelanjutannya.

Psikotropika atau neuroleptika yang sering disalahgunakan adalah sebagai berikut:

• Transquilizer mayor (atartikum)= Neuroleptika
Dalam dunia kedokteran , obat ini emang sering sekali digunakan untuk mengobati rasa rasa yang menggangu pikiran kita seperti kecemasan, ketegangan, atau kegelisahan. Setelah digunakan obat ini akan memberi rasa ketenangan bagi para peminumnya., setelah itu dilanjutkan pemberian motivasi dan bimbingan mental oleh para dokter.

Ah sayangnya ada segelintir oknum manusia yang menyalahgunakan obat ini. Aku sendiri juga heran ni obat kan diperuntukkan bagi para pengidap penyakit gila. Kok malah dipakai oleh manusia sehat jadi hilang akal aku. Dasar –dasar orang yang aneh yang memakainya. Gini kawan obat ini banyak disalah gunakan oleh orang sehat sebagai penghilang rasa kecemasan. Yah… Efek samping bagi peminum orang sehat adalah itu orang jadi teller, sering bertinak ngawur antara lain begitu. Contohnya adalah anatensol, largactil, stelazine, haldol, serenace.

• Antidepresan
Dalam dunia kedokteran, obat inilah yang paling dikenal karena efeknya yang luar biasa kawan. Obat ini sering dianjurkan kepada kawan kawan semua yang sedang tertekan jiwanya. Masa gak pernah ni contohnya: saat kalian stress mikirin kelulusan Ujian nasional dah gak usah ohong pasti kalian semua stress mikirin itu. “gw. Lulus gak ya.. kalo gak lulus kasihan ortu gw, mendingan aku kabur dari rumah dan gak kembali lagi’. Itu sepenggal cerita hehe.
Contoh obat ini adalah anafrinie, Herzox, nopness.
Aku aja tau istilah ini karena sering membaca uku. Babalah buku untuk menambha pengetahuan kalian.

• Hipnotika (Obat Tidur)

• Penenang (Transquilizer minor)

The end of my article.
READ MORE - Apa itu Obat?